Monday, October 26, 2009

Video: Ledakan Dahsyat di Irak Tewaskan 132 Orang


Sedikitnya 132 orang tewas, dan 520 orang lainnya mengalami luka-luka dalam dua serangan bom mobil di pusat kota Baghdad. Ledakan ini menghantam gedung kementerian kehakiman, dan kantor pemerintahan daerah Bahgdad, di dekat zona Hijau, menyebabkan kerusakan parah.

Ledakan itu terjadi beruntun, sekitar pukul 10.30 pagi, di saat warga kota tersebut sedang menuju ke tempat kerja mereka.

Para wartawan mengatakan ini adalah serangan terbesar sejak 19 Agustus, ketika bom truk menghantam dua gedung kementerian dan menewaskan sedikitnya 100 orang.

Irak ketika itu menuduh pejuang asing, dan Suriah terlibat, dan meminta penyelidikan oleh PBB.

Perdana Menteri Nouri Maliki mengunjungi lokasi kejadian, dan kemudian mengeluarkan pernyataan menuduh Al-Qaeda dan pendukung mantan presiden Saddam Hussein di balik serangan.

"Serangan teroris pengecut ini tidak akan menghalangi tekad rakyat Irak untuk tetap melanjutkan perjuangan untuk menghancurkan sisa-sisa rejim lalu, dan juga teroris Al-Qaeda, yang melakukan tindakan brutal terhadap penduduk sipil," kata Maliki.

"Mereka ingin menciptakan kekacauan bagi bangsa ini, guna mengacaukan proses politik dan mencegah pemilihan umum."

Asap tampak membumbung tinggi di kawasan Baghdad, hari Minggu pagi setelah dua kendaraan yang penuh diisi bahan peledak meledak sedikit di luar Zona Hijau, daerah pusat pemerintahan yang dijaga ketat.

"Dinding perkantoran ambruk, dan kami harus keluar melarikan diri," kata Yasmeen Afdhal, seorang pegawai pemerintah berusia 24 tahun yang bekerja di Kantor Gubernur Baghdad kepada kantor berita AP.

"Mengapa mereka melakukan hal tersebut," teriak seorang pria di lokasi kejadian.

Para pejabat Irak mengatakan jumlah korban yang tewas dan terluka kemungkinan akan bertambah, di saat para petugas bantuan mencari korban di reruntuhan gedung.

Wartawan BBC Gabriel Gatehouse di Baghdad mengatakan dia bisa merasakan kuatnya ledakan pagi itu, meskipun dia berada beberapa kilometer jauhnya dari lokasi kejadian.

Wartawan kami menambahkan masih terlalu pagi untuk menduga-duga siapa di balik serangan tersebut. Namun dia mengatakan besar kemungkinan kelompok perlawanan atau pejuang asing akan dituduh mencoba mengacaukan situasi menjelang pemilihan umum di Irak pertengahan Januari.

Secara umum, kekerasan sudah menurun dramatis di Irak dibandingkan tahun lalu, namun serangan sporadis masih terus terjadi di beberapa bagian negeri itu.



Video




Kata saya:
Ngeri juga disana, sering banget serangan bom... :(
Semoga cepat tercapai perdamaian di Irak

Sumber: BBC | Ilustrasi: YouTube, BBC


Share/Save/Bookmark







Ziddu - The Best FREE File Hosting Website - Sign up for FREE!

Make money on twitter

Buy and sell Text Links


 

Subscribe

ZonS Hot News
Add to Technorati Favorites Join My Community at MyBloglog! News & Media Blogs - Blog Catalog Blog Directory

Followers

Statistics








zonsNews © 2009 | Business Ads Ready is Designed by Ipiet Supported by Tadpole's Notez