Friday, September 18, 2009

UNESCO Bakal Resmikan Batik Sebagai Warisan Budaya Indonesia, PPI di Malaysia Ajak Pakai Batik



UNESCO, sebuah lembaga Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang membawahi bidang kebudayaan dunia, dijadwalkan pada tanggal 2 Oktober 2009 akan menetapkan batik sebagai warisan budaya Indonesia dalam sebuah acara di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

Sehubungan dengan itu, para pelajar asal Indonesia yang berada di Malaysia yang tergabung dalam Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) di Malaysia mencanangkan sebuah gerakan yang dinamakan "Berdua Berbatik", singkatan dari Bersama Dua Oktober Berbatik.

Hal ini sejalan dengan ajakan Pemerintah kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk memakai batik pada tanggal 2 Oktober 2009 nanti sebagai bentuk penghargaan terhadap warisan budaya bangsa.

"PPI juga mengimbau masyarakat agar bisa bersama-sama menggunakan batik pada hari tersebut, terutama pada tanggal 2 Oktober," kata Ketua PPI Malaysia Abdullah Abbas dalam wawancara via telepon dari Kuala Lumpur, Jumat (18/9).

Ajakan PPI agar masyarakat agar bisa bersama-sama menjaga dan menghargai budaya bangsa Indonesia sekaligus memberikan dukungan kepada pemerintah untuk menjaga dan melestarikan salah satu budaya bangsa Indonesia.

"Kami juga mengimbau semua PPI cabang di Malaysia agar bisa mensukseskan gerakan ini pada 2 Oktober 2009 dimana PPI cabang yang mengirimkan foto-foto dalam menyukseskan gerakan ini akan kami tampilkan di halaman utama website PPI Malaysia," katanya.

Lembaga Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang membawahi masalah kebudayaan, UNESCO, telah menyetujui batik sebagai warisan budaya tak benda yang dihasilkan oleh Indonesia. Keberhasilan itu telah dilaporkan Menko Kesejahteraan Rakyat Aburizal Bakrie kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada pertemuan di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (7/9) lalu.

Menurut Menko Kesra, peresmian batik sebagai warisan budaya tak benda dari UNESCO itu akan diselenggarakan pada suatu rangkaian acara pada 28 September 2009 hingga 2 Oktober 2009 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

"Kami telah menerima pemberitahuan dari UNESCO bahwa batik diakui sebagai satu warisan dunia yang dihasilkan dari Bangsa Indonesia," ujarnya.

Untuk merayakan keberhasilan itu, Presiden Yudhoyono mengimbau seluruh masyarakat Indonesia untuk mengenakan pakaian batik demi penghargaan terhadap kebudayaan Indonesia tersebut.


Bill Gates pakai batik saat mengunjungi Indonesia

.

Kata saya:
Ayo... berani ga jalan-jalan ke mall pakai batik :P

Sumber: Kompas.com | Ilustrasi: Wikipedia, detikInet


Share/Save/Bookmark







Ziddu - The Best FREE File Hosting Website - Sign up for FREE!

Make money on twitter

Buy and sell Text Links


 

Subscribe

ZonS Hot News
Add to Technorati Favorites Join My Community at MyBloglog! News & Media Blogs - Blog Catalog Blog Directory

Followers

Statistics








zonsNews © 2009 | Business Ads Ready is Designed by Ipiet Supported by Tadpole's Notez