Friday, September 25, 2009

Ditemukan, Harta Karun Anglo-Saxon Inggris dalam Jumlah Besar


Harta karun Anglo-saxon yang paling banyak diburu di Inggris telah ditemukan. Harta karun tersebut selama ini terkubur di bawah sebuah lapangan di Staffordshire.

Para ahli mengatakan bahwa harta yang ditemukan tersebut berisi koleksi 1.500 keping emas dan perak, yang kemungkinan berasal dari abad ke-7, sebuah ukuran yang tak tertandingi. Harganya diperkirakan bernilai "tujuh digit" (jutaan pound sterling).

Penemuan itu diumumkan oleh Andrew Haigh, seorang petugas dari South Staffordshire. Harta tersebut adalah milik kerajaan.

"Penemuan seperti ini adalah sesuatu yang selalu diimpikan oleh seorang detektor logam," dikatakan Terry Herbert, orang yang menemukannya di sebuah lahan pertanian dengan menggunakan detektor logam.

Berat harta tersebut mencapai 5 kg, masing-masing 2,5 kg emas dan perak, yang berarti jauh lebih besar dari penemuan emas Anglo-Saxon sebelumnya di Suffolk pada tahun 1939 yang mencapai 1,5 kg.

Leslie Webster, seorang mantan penjaga di British Museum's Department of Prehistory and Europe, mengatakan: "Ini akan mengubah persepsi kita terhadap Anglo-Saxon Inggris secara radikal. Ini setara dengan penemuan manuskrip asli sebuah kitab suci."

*


Foto-foto


Strip emas ini berisi tulisan berbahasa Latin: "Bangkitlah ya Tuhan, dan semoga musuh-musuh-Mu bubar dan orang-orang yang membenci-Mu diusir dari wajah-Mu."


Beberapa alat kelengkapan pedang ditemukan di timbunan pameran karya seni yang dikenal sebagai Salin's Style II. Karya seni bergaya hewan ini menunjukkan hewan-hewan yang saling terkait dalam pola simetris yang rumit.


Helm perang Anglo-Saxon sangat jarang, hanya ada empat buah yang berhasil diselamatkan. Salah satunya adalah yang terlihat pada gambar di atas.

*


Video




Kata saya:
Wow... kapan ya saya dapat harta karun? Wahahahaaha....

Sumber: BBC News | Ilustrasi: BBC News


Share/Save/Bookmark







Ziddu - The Best FREE File Hosting Website - Sign up for FREE!

Make money on twitter

Buy and sell Text Links


 

Subscribe

ZonS Hot News
Add to Technorati Favorites Join My Community at MyBloglog! News & Media Blogs - Blog Catalog Blog Directory

Followers

Statistics








zonsNews © 2009 | Business Ads Ready is Designed by Ipiet Supported by Tadpole's Notez