Saturday, September 19, 2009

Tes DNA Pastikan Noordin M. Top Tewas di Solo



Jenazah Noordin M Top yang tewas dalam penggerebekan di Solo, dipastikan cocok dengan anak-anaknya. Kepolisian telah lebih dulu mengambil sampel DNA anak Noordin sejak Juli 2009 lalu.

"Pada minggu ke 3-4 juli 2009, tim kami menelusuri dan ambil data sampel DNA dari Cilacap yang kita ambil sampelnya dari istri dan kedua anaknya yaitu anak perempuan 3 tahun dan laki-laki 1 tahun," ujar tim Disaster Victim Identification (DVI), Brigjen Eddy Saparwoko.

Hal tersebut dikatakan Eddy dalam jumpa pers di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Jakarta Selatan, Sabtu (19/9/2009).

Setelah itu, pada awal Agustus tim DVI kembali mengirim tim nya ke Malaysia untuk mengambil sampel DNA dari istri dan anak Noordin yang berusia 12 tahun.

"Dari 2 data tersebut, dari Cilacap dan Malaysia, kita analisis DNA-nya. Ternyata betul, anak yang di Malaysia dan yang Cilacap punya ayah biologis yang sama. Artinya, ketiga anak tersebut adalah anak dari 1 orang," jelas Eddy.

DNA anak-anak Noordin kemudian dicocokkan dengan jenazah nomor 2 yang saat itu diduga sebagai jenazah Noordin. Hasilnya, 100 persen dipastikan jenazah tersebut adalah Noordin M Top.



DNA Dipastikan Cocok, Keluarga Noordin Tak Perlu ke Jakarta

Mabes Polri telah selesai melakukan identifikasi jenazah Noordin M Top. Kehadiran keluarga Noordin tidak diperlukan lagi karena DNA Noordin sudah dipastikan cocok.

"Keluarga sudah tidak diperlukan lagi karena DNA sudah cocok," kata Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Nanan Soekarna di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Jakarta Selatan, Sabtu (19/9/2009).

Nanan menjelaskan, Mabes Polri telah berkoordinasi dengan Kepolisian Malaysia untuk memulangkan jenazah Noordin. Dengan cara ini keluarga Noordin tidak perlu datang karena pemulangan jenazah gembong teroris ini akan difasilitasi pemerintah.

"SLO (Senior Liasion Officer) kita di Malaysia telah berkoordinasi dengan kopolisian Malaysia. Yang penting kita inginkan agar pemulangannya cepat," tegas Nanan.

.

Kata saya:
Selamat kepada Kepolisian RI

Sumber: detikNews 1, 2 | Ilustrasi: detikNews


Share/Save/Bookmark







Ziddu - The Best FREE File Hosting Website - Sign up for FREE!

Make money on twitter

Buy and sell Text Links


 

Subscribe

ZonS Hot News
Add to Technorati Favorites Join My Community at MyBloglog! News & Media Blogs - Blog Catalog Blog Directory

Followers

Statistics








zonsNews © 2009 | Business Ads Ready is Designed by Ipiet Supported by Tadpole's Notez