Wednesday, September 2, 2009

Gempa di Samudera Hindia Panikkan Warga di Pulau Jawa (Video)


Gempa bumi berkekuatan 7,3 Skala Richter (SR) yang berpusat di Samudera Hindia di pantai selatan Jawa Barat terjadi pada pukul 14:47 WIB.

Menurut Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), dari Bandung pusat gempa bisa ditarik lurus ke selatan sejauh 144 kilometer, dari Sukabumi ke arah tenggara sejauh 156 kilometer, dan dari Tasikmalaya ke arah barat daya sejauh 142 kilometer.

Berbeda dengan gempa dahsyat yang pernah mengakibatkan kerusakan parah di daerah Yogyakarta pada 2006 lalu, gempa berskala besar kali ini diperkirakan tidak akan menimbulkan kerusakan parah secara langsung karena pusat gempa terjadi di lepas pantai, walau pun kerusakan tetap terjadi di beberapa tempat.

Getaran akibat gempa yang terasa sampai ke Jakarta dan tempat-tempat lainnya di Pulau Jawa menimbulkan kepanikan warga. Warga dengan serta merta berusaha keluar dari bangunan rumah, kantor, pusat perbelanjaan dan lain-lain begitu merasakan goncangan akibat gempa kali ini.



Warga: "Gedung Senayan City Bergoyang Seperti Per!"

Liputan6.com, Jakarta: Jakarta diguncang gempa sebesar 7,3 skala Richter, Rabu (2/9), sekitar pukul 14.55 WIB. Akibatnya bisa ditebak, sejumlah gedung pencakar langit langsung bergoyang kuat. Penghuni gedung spontan tercerai-berai berupaya menyelamatkan diri berlari turun ke bawah. "Gedung mal goyang seperti per. Miring ke kiri, ke kanan, terus-terusan," ujar Udin, seorang pemilik warung di sisi belakang Gedung Mal Senayan City, Jakarta Selatan.

Udin mengaku melihat langsung dari bawah, gerakan tak beraturan Gedung Senayan City. Bersama warga sekitar, mereka kaget dan takut melihat gerakan bangunan gedung berlantai 23 itu.

Kendati bergerak kuat ke kiri dan kanan serta ke segala arah, warga dan penghuni sebenarnya tak perlu terlalu khawatir. Pasalnya, selain baru dibangun, Gedung Senayan City ini dibentuk dengan konstruksi tahan gempa. Bahkan pihak Management Building Senayan City berulang-ulang menyatakan bahwa gedung tersebut tahan gempa dengan megaphone yang terus menerus berbunyi.


Gempa Panikkan Pengunjung Mall

Solo (ANTARA News) - Gempa bumi yang terjadi pada pukul 14:47 WIB dan berkekuatan 7,3 Skala Richter (SR) membuat panik ratusan pengunjung Solo Grand Mall, Kota Solo, Jawa Tengah. Gempa yang berpusat di pantai selatan Jawa Barat membuat para pengunjung berlarian keluar dari gedung mall yang berlokasi di Jalan Slamet Riyadi tersebut, Rabu.

Seorang pengunjung, Gunawan (40), mengatakan, gempa hanya terjadi beberapa detik saja. "Akan tetapi, gempa tersebut membuat pengunjung panik dan berhamburan keluar," katanya. Dia mengatakan, para pengunjung mall berada di luar selama sekitar 15 menit. "Setelah dipastikan aman, mereka kembali lagi masuk ke gedung pusat perbelanjaan itu, sebagian lainnya ada yang pergi meninggalkan gedung," katanya.

Rasa trauma terhadap gempa-gempa yang terjadi sebelumnya, kata dia, dimungkinkan menjadi penyebab kepanikan pengunjung mall.

Sementara itu, Deputi GM Solo Grand Mall, Ngatiman Wikrama mengatakan, kondisi mall aman terkendali setelah kejadian gempa tersebut. "Tidak ada kerusakan yang disebabkan gempa tersebut," katanya. Dia mengatakan, pihak pengelola mall sudah melakukan pengecekan gedung pascagempa tersebut.


Lokasi Gempa





Peta Tingkat Kerusakan Akibat Gempa




Video



Youtube: Gempa Mengguncang Jakarta dan Sekitarnya

Youtube: Suasana Kantor Saat Gempa 2 September 2009

Youtube: gempa d bandung 02 september 2009

Youtube: Kemang Gempa Bumi 020909


.

Kata saya:
Sama nih, sempat panik juga... :(

Sumber: Berbagai sumber | Ilustrasi: Tempo Interaktif, USGS, Liputan6


Share/Save/Bookmark







Ziddu - The Best FREE File Hosting Website - Sign up for FREE!

Make money on twitter

Buy and sell Text Links


 

Subscribe

ZonS Hot News
Add to Technorati Favorites Join My Community at MyBloglog! News & Media Blogs - Blog Catalog Blog Directory

Followers

Statistics








zonsNews © 2009 | Business Ads Ready is Designed by Ipiet Supported by Tadpole's Notez