Tuesday, July 7, 2009

UII Yogyakarta, Perguruan Tinggi Berpenjaminan Mutu Terbaik Di Indonesia


Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta menjadi perguruan tinggi dengan nilai penjaminan mutu internal terbaik di Indonesia versi Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti).

"Status itu diperoleh UII setelah menjadi perguruan tinggi dengan nilai tertinggi dalam kategori perguruan tinggi yang memenuhi syarat untuk `site verification` dan `technical assistance`," kata Rektor UII Prof Dr Edy Suandi Hamid MEc di Yogyakarta, Senin.

Menurut dia, UII meraih nilai 477,5 atau yang tertinggi di antara 62 perguruan tinggi yang masuk kategori tersebut sebagaimana tertuang dalam dokumen hasil evaluasi sistem penjaminan mutu internal perguruan tinggi 2008 yang dikeluarkan Ditjen Dikti belum lama ini.

"Penjaminan mutu perguruan tinggi dalam kerangka Ditjen Dikti pada dasarnya terdiri atas penjaminan mutu internal dan penjaminan mutu eksternal," katanya.

Ia mengatakan, penjaminan mutu internal sebagai salah satu subsistem dari sistem penjaminan mutu perguruan tinggi (SPMPT) itu telah diimplementasikan oleh perguruan tinggi di Indonesia, sedangkan penjaminan mutu eksternal dinilai dari akreditasi.

"Penjaminan mutu internal itu selanjutnya perlu dievaluasi keberhasilannya dalam meningkatkan mutu perguruan tinggi secara berkelanjutan. Evaluasinya kemudian dilaksanakan oleh sebuah kelompok kerja di lingkungan Direktorat Akademik Ditjen Dikti," katanya.

Menurut dia, "desk evaluation" terhadap 387 instrumen evaluasi yang telah diisi dan dikembalikan oleh perguruan tinggi responden, menghasilkan enam perguruan tinggi yang dinilai tidak perlu melalui proses "site verification" dan "technical assistance", dengan berbagai pertimbangan.

"Selain itu, juga menghasilkan sebanyak 127 perguruan tinggi memenuhi syarat untuk dilakukan "site verification" dan "technical assistance". Dari proses itu UII kemudian menjadi perguruan tinggi dengan nilai evaluasi tertinggi," katanya.

Ia mengatakan, selain prestasi itu, penjaminan mutu UII yang pelaksanaannya dikelola Badan Penjaminan Mutu (BPM) UII juga menjadi pendamping bagi implementasi penjaminan mutu pada sejumlah perguruan tinggi di Indonesia.


Kata saya:
Wah, selamat ya, semoga bisa dipertahankan dan semakin ditingkatkan :D

Sumber: Yahoo News


Share/Save/Bookmark







Ziddu - The Best FREE File Hosting Website - Sign up for FREE!

Make money on twitter

Buy and sell Text Links


 

Subscribe

ZonS Hot News
Add to Technorati Favorites Join My Community at MyBloglog! News & Media Blogs - Blog Catalog Blog Directory

Followers

Statistics








zonsNews © 2009 | Business Ads Ready is Designed by Ipiet Supported by Tadpole's Notez