Sunday, July 26, 2009

Dituduh Menghilangkan iPhone, Seorang Pegawai Bunuh Diri


Seorang pegawai bernama Sun Danyong, 25 tahun, yang bekerja di Foxconn, salah satu perusahaan pabrik elektronik terkemuka Taiwan, diduga melakukan bunuh diri setelah dia dituduh bersalah atas hilangnya sebuah sampel model ponsel merk terkenal, iPhone, dimana Sun Danyong lah yang dituduh mencurinya.

Foxconn adalah perusahaan yang memegang lisensi untuk memproduksi iPhone pada salah satu pabriknya di Guanlan, Shenzhen, Cina.

Di perusahaan tempatnya bekerja tersebut, Sun, yang lulus tahun lalu dari Harbin Institute of Technology, dilaporkan memiliki tanggung jawab pada proses pengepakan akhir pengapalan 16 buah iPhones.

Salah satu iPhone diketahui hilang pada saat dia menyerahkan produk tersebut kepada penerima barang dari pihak Apple, pada tanggal 10 Juli lalu.

Sun lalu melaporkan kejadian tersebut kepada supervisor setelah tiga hari kemudian ia tidak juga dapat menemukan sampel ponsel yang hilang tersebut. Atas kejadian tersebut, departemen lingkungan dan keselamatan Foxconn kemudian melakukan investigasi internal.

Pada tanggal 16 Juli, media lokal melaporkan, Sun melompat dari lantai 12 sebuah gedung tempat tinggal, mengakibatkannya tewas.

Dia terakhir melakukan online chatting dengan mantan teman sekelasnya di universitas hanya tiga hari sebelumnya, dimana posting terakhirnya terlihat pada sebuah forum internet di Cina. Di dalamnya, Sun menulis bahwa penyelidikan atas hilangnya iPhone tersebut di atas adalah "salah satu pengalaman yang paling memalukan" dalam hidupnya.


Pacar Sun, yang datang mengunjunginya hanya tiga hari sebelum kematiannya, mengatakan bahwa beberapa kolega dari Foxconn mencari Sun pada siang hari sebelum Sun bunuh diri.

Juru bicara Foxconn James Lee menyatakan simpati dan kesedihan atas kematian Sun dan meminta maaf kepada pihak keluarganya.

"Bunuh diri yang dilakukan Sun, karena alasan apapun, mencerminkan sebuah kecacatan manajemen di Foxconn terutama atas masalah yang dihadapi oleh karyawan muda kami," Lee mengatakan kepada Cina Daily.

Lee mengatakan kepala departemen yang diduga salah memperlakukan Sun dalam penanganan kasus tersebut telah dinonaktifkan dari pekerjaannya, sambil menunggu penyelidikan polisi.

Kata saya:
Kasihan... :(
Kalo diluar sana, budaya malunya tinggi sekali yak?

Sumber: China Daily


Share/Save/Bookmark







Ziddu - The Best FREE File Hosting Website - Sign up for FREE!

Make money on twitter

Buy and sell Text Links


 

Subscribe

ZonS Hot News
Add to Technorati Favorites Join My Community at MyBloglog! News & Media Blogs - Blog Catalog Blog Directory

Followers

Statistics








zonsNews © 2009 | Business Ads Ready is Designed by Ipiet Supported by Tadpole's Notez